UPAYA
PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN
BERDASARKAN
GAYA BELAJAR DI SMK NEGERI 1 SAPTOSARI
Nugroho Wibowo1
1Guru SMK N 1 Saptosari Gunungkidul
Email: asyifahaifa3@gmail.com
Abstrak
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa melalui penerapan
gaya belajar pada mata pelajaran memelihara baterai di SMK Negeri 1 Saptosari.
Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas, dilaksanakan di kelas X TKR B pada semester genap tahun
pelajaran 2014/2015. Jenis
tindakan penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Taggart. Data dikumpulkan melalui observasi, angket dan dokumentasi,
alat yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian: lembar observasi, angket keaktifan siswa, dan checklist
dokumentasi. Data yang diperoleh pada
penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dengan
presentase, selain itu juga didasarkan pada refleksi tiap siklus tindakan.
Hasil
penelitian: 1) Pemanfaatan gaya belajar untuk pembelajaran dilakukan melalui
tiga tahapan: pencarian data gaya belajar siswa, pengelompokan siswa, dan
pemberian materi sesuai gaya belajar; 2) Pemanfaatan gaya belajar dapat
meningkatkan keaktifan siswa berdasarkan lima indikator yaitu: perhatian,
kerjasama dan hubungan sosial, mengemukakan pendapat atau ide, pemecahan
masalah, dan disiplin.
Kata
kunci: gaya belajar, keaktifan siswa, pembelajaran
Key
words: competency gap, graduates of
vocational competence, industry
demands
No comments:
Post a Comment